Strategy Market:

Rabu, 27 April 2011

Strategy Market:: Multi Level Marketing


Definisi :

Multi Level Marketing merupakan salah satu strategi pemasaran dengan membangun saluran distribusi untuk memindahkan produk dari pabrik langsung ke konsumen. (Sumber : Blue Print : Cara mencapai kebebasan finansial serta rahasia sukses dalam berbisnis di HIGH DESERT; Billionaires pencetak jutawan-jutawan baru, 2002, halaman 5).

Multi Level Marketing adalah metode pemasaran barang dan / atau jasa dari sistem penjualan langsung melalui program pemasaran berbentuk lebih dari satu tingkat, di mana mitra usaha mendapatkan komisi penjualan dan bonus penjualan dari hasil penjualan barang dan / atau jasa yang dilakukannya sendiri dan anggota jaringan di dalam kelompoknya. (Sumber: Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), http : www.apli.or.id, copyright@2002)

Jenis-jenis perusahaan atau jenis-jenis produk yang perusahaannya telah menerapkan Multi Level Marketing:

Jasa

• Produk perawatan rumah (habis pakai)

• Jasa telepon

• Real Estat

• Jasa Keuangan

• Situs Web Internet

Produk

• Distribusi pasar internet, menjual dengan diskon hampir semua barang yang dijual Wal – Mart dan K- Mart

• Produk pemeliharaan kesehatan

• Perhiasan

• Jasa Pajak

• Mainan pendidikan

Sejarah Multi Level Marketing

• Dunia Þ Amway Corporation, 1960 (Amerika Serikat)

• Indonesia Þ CNI, 1984

Wadah untuk perusahaan yang menerapkan Multi Level Marketing :

Dunia Þ WFDSA

(World Federation of Direct Selling Association)

Indonesia Þ APLI

(Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia beranggotakan 67 perusahaan (data tahun 2010))

Keuntungan dari Multi Level Marketing

• Menghemat biaya distribusi produk

• Menghemat biaya promosi produk

• Menghemat biaya pelatihan tenaga pemasaran

Sisi Negatif Multi Level Marketing

• Market Saturation (Kejenuhan Pasar)

• Organization Problem (skema Piramida / arisan berantai)

• Problem Etika dan Moral

• Problem Hubungan Antar Manusia





Tidak ada komentar:

Posting Komentar